Cara Merubah/Mengganti Font Nokia S60v5 (5233,5230,5530,5800,X6,C6,N97/Mini)

Tuesday, March 1, 2011
Bulan maret ini rasa-rasanya pengen posting masalah tutorial, maklum lagi mood posting ginian jadi kalo udah gk mood 1 bulan bisa-bisa cuma ada 10 postingan doang :)
Oke, disini saya sedikit memberi tutorial cara mengganti font di hape seri S60v5 dengan menggunakan aplikasi Fontrouter. Kenapa harus pake Fontrouter? Karena aplikasi ini penggunaannya sangat mudah, fitur banyak dan pengaplikasian font pun sangat mudah. Tapi kenapa masih ada yang kesusahan pake aplikasi ini? Mungkin cara load font yang belum paham dan juga butuh restart hape untuk mengubah font tersebut. Sebenarnya banyak aplikasi yang menyediakan layanan penggantian font seperti Flipfont Dll, ada juga metode COPAS tapi kurang efisien karena tidak bisa mengubah ukuran font dan ribet untuk menggonta-ganti font yang lain. Jadi saya sarankan banget pake Fontoruter (bukan promo lho..) Untuk yang belum punya Fontrouter bisa di download DISINI dan fontnya bisa di download DISINI.

langsung saja pertama instal Fontorouter dan buka aplikasinya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM9d9WP04hRu6NUZep29PZ3xkVt8TVBAwysaW87nWWwEciZPsyo6wikrFbkRnNzAaEnn9ZzYle-yWyDvSkdEj1ePKHlKZJeKrMNMnNIpkfOhcIbKXjEbGniZm2zZOtiD4t5C4J-euwDC0/s1600/Scr000007.jpg

Kalo sudah langsung klik "FontLocation"

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQvNBFVIeCPonqrd-lXxgm4Yx8lWRxzoSGPaFZfCfX8l2-7OqUiJuMm067o8pO4R6dUGT4xrdKjrAGiCqVX4SmcXTB1wSHUm4LaD-5ztFRSpjaML_eMBazwmv0-b5f89XAOmRhhtjW8c4/s1600/Scr000008.jpg

kemudian pilih "Options" pilih "Open Font"

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5oNrdxiVOalBRDrYTYt0mGNgmdJcTMNqW7xRAVdsMUamKvs1aFsI2UJD1qc2rWIqx5Zd-BeqfdoiboYBB8baiRzaEmPDSPJx1LgEkoK75FYMNJ01fbogSMGyz6HDqNd-VRAcLuEixgb8/s1600/Scr000009.jpg

Cari font dimana kamu simpan jenis-jenis font tersebut. Menaruh terserah dimana tapi kalo bisa di folder utama supaya pencariannya mudah.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxDHhKtOph7JiY_pccPzylPXmfDg51ZNuft7UtFOlWCmiwJ3UroMMQjr4F1wvse6_gbSzdNN3i0iAJryFL14PQeLWEHLSuYPJ1Y7gJdiLn81fV75BaCJMVK3gL5PMlevbE9jsPSTKzVck/s1600/Scr000010.jpg


Pilih font yang dikehendaki untuk mengganti font original. Saya disini menggunakan font dari tulisan model Android :)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj53UbCv-qHv74tRfE3Vlb5slvj5-YOjuOvrRZAUE3dKqt4E5qEUYGmL0VnTJ1j5V63JZTidrI5PDfI6ON8mn3rlg0qGXsrO5X1kS3SN4MAbu1aM2tCplUu3rMhoDJvExExsmAAgeXOkpQ/s1600/Scr000011.jpg

Kemudian saya ubah ZoomRatio menjadi 80 karena untuk memperkecil ukuran font biar gak kelihatan besar dan tumpuk-tumpuk.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimUfsecMF0npfrTRyv_eo3qOSCbUwsOp-3EDAM8HY4D4nkLNfTOM6e3S3k0ZUfWmMeAZkkOA2Pn8yXB3FqDupXtbOdrJ1IPsHqJY_LSb_puVOJmLPR4FO-wgNipYyr7pCLvacOdyVVHMk/s1600/Scr000012.jpg

Kalo sudah jangan lupa di restart. Jangan lupa di RESTART!!! untuk menerapkan font tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7SK4pF9OzlMlJqMmRjrvSxJTTQ8CdwV0mFoLdFWbnHODVVHGo4LR9m3xS2B47QPlrBvVf594CPfow31dLRYuE8BuPJWo2C057kLHZvVXeD9QdDxKtPOGGXzfCnS7fKMm0xslC4G-kJyg/s1600/Scr000013.jpg

Tada................ sudah jadi dech gampang kan? tinggal load-restart sudah jadi. Untuk mengganti font lainnya caranya sama seperti langkah awal diatas. Nah untuk mengembalikan font original tinggal non aktifkan Fontorouter kemudian Restart. Jadi setiap mengganti font harus direstart ya. Hasilnya seperti ini..........

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0qBRyMALhKWBp_P8oWQtEx-X-Hw0x4YMzvUib5d17SQHvOyed8xCLABjK4ngKvxlzqCylBk9vxPV0ReW-0celUTUA0fi4snNknbGDHmRGjbwhhjjqMSBPw3I6xd4xOGtudKoobOXq_18/s1600/Scr000016.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjo2L8kXyH9ues6IJdOxmvnOesJxBEgY3V7_hzue04R7BCoXCNazIeWSRTgQaI_G46CSFDdkWjsDQCVYyrlSYvC1nRLg64QW9tDwoKXFa0yTmgETO-A7RW-c9l7bK2iHZWrqZPpKaXZdR4/s1600/Scr000015.jpg

Kalo masih kurang jelas silakan komentar dibawah ya :)

Bagikan

61 comments:

Anonymous said...

Gan kalo ingin nokia 5230 menunya jadi grid 4x4 seperti yg diatas gmn yah? Tp ga pke flashing bisa ga yah..

s60v5 Lover said...

diatas pake menu grid 4x5 gan, 4x4 tu seperti Unleashed tribute. bisa pake seperti itu tapi pake aplikasi Cz2Maker. itu jg harus udah hacking hapenya.

Anonymous said...

Ups.. Iya maksudnya menu 4x5, wah gimana caranya gan? Kebetulan hape ane udah di hack. Ane dr dl nunggu bgt pengen menu 4x5.. Mudah2an agan bisa posting tutorialnya..

ael_smd said...

Kenapa aplikasi fontrouter nya g bsa di instal nokia5233???? Ket:expiert ceryificate

s60v5 Lover said...

anonim: tu pake aplikasi C2Z Maker. Ane usahain buat tutornya gan.
andhyka: hapenya belum dihack gan.

ael_smd said...

Bos,q udh bca cra nge hack,lnsung sya praktek kn,tp pas pmilihan hp,stelah centang use in,g da kluar merk hp sma skli.gmna y bos???
bos,klo da sya mnta no tlfn bos,biar sya bsa knsultasi lngsung.
hp sya 5233

papz said...

kok expired sertificate bos?

s60v5 Lover said...

andhyka: klo gk da merek hape brrti blum dimasukan file "Nok4models". tapi ada cr lain yaitu drag n drop. lihat tutorial video ane bos. telp: 085730723723. tp sesempat ane jwab y cs biasanya da krja'an :).
papz: hape blum di hack om.

Anonymous said...

Hiks, sama nh. Pengen tw gmn cra buat menu grid 4 x 5. Q udh ada app C2Z Maker. Trz gmna th crax.?

s60v5 Lover said...

iya gan ntr ane buatin tutor soalny mo buat wktuny krang, ntar klo ada wktu luang pasti ane turutin :)

Anonymous said...

mas, ko saya ga bisa install fontrouter y? pdahl dah saya hack lewat jaf sesuai denagn tutorial mas...hp saya 5230? mohon pencerahannya...karena saya ingin menginstall banyak program dan tema, tapi certifies error trus...thx b4...suskes selalu bwt mas.

s60v5 Lover said...

Sudah saya jawab permasalahannya dipertanyaan postingan REMAKE :)

Anonymous said...

Sipp...berhasil lgi nerkat bantuannya mas...

Sukses terus...

s60v5 Lover said...

anonim: Ok sama2 tp kalo bisa dikasih nama ya mas kalo koment soalnya ane susah jelasin anonim yg mna :)

Unknown said...

Gan...
kok d C6 G bisa d instal

nditndud said...

kalo balikin ke font default nokia gimana? apa tinggal uninstall font routernya? thanks

ari said...

makasih banyak mas bro.. dah berhasil dengan selamat hape ane berubah font nya..

Anonymous said...

Gan, klo nambahin font na dgn font yg ada dikompi bs ga? kan sama tuh formatna ttf jg :D

Anonymous said...

bos cranya hack gmna?di nokia 5233..aq udah coba2 kok gak bisa ya..?tolong bantuanya... nama ku andy

Anonymous said...

ko kadaluarsa? ~x(

s60v5 Lover said...

bisa gan untuk font di kompi ambil paste di MMC.

hack sekarang harus melalui flashing gan.

harus dihack gan.

Anonymous said...

g bs d instal nih.... hape q nokia 5230,,,, tlongin donk...
vian

s60v5 Lover said...

tulisannya gimana gan, sertifikat kadaluarsa gitu ya? kalo iya berarti hape belum di hack gan. untuk alternatif lain bisa pake aplikasi flip font.

Unknown said...

gan,tema handphone di screenshotnya pakai tema apa gan? maksud ane nama temanya gan,link downloadnya dong gan! btw applikasi fontrouternya keren! thanks!

ask said...

maap om..
saya msh jg g ngrti cara ny..
tolong bkinin dtail ny..
;((

s60v5 Lover said...

wahyudi: asli tema bawa'an CWF C6 gan.
ask: kalo tutorialnya sudah ada gan cara hack. coba lihat di kolom tutorial.

Anonymous said...

sissiee ga ngertiiii http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/20.gif
bantuinn donggg ;((

Anonymous said...

cara balikin font-nya ke font yang aslinya lagi gmn gan?
mohon pencerahannya.
thanks.

Anonymous said...

bsa gak d instal di nokia c5-03???

Arien said...

gan..buka filenya gimana...lewat explorer gax bisa...

Anonymous said...

gan fount androidnya downloadx di mana.... kok di situ gg da fout androidnya.....????? bantuin dong gan

Arien said...

masih blm berhasil gan, ane masih gagal,,tapi klo font zomer bisa,,,sayang klo udah pake fon zomer ada beberapa aplikasi gax bisa di buka

Anonymous said...

gan, kalo mengembalikan ke font semula gimana ?

meonk said...

ga bsa d insta fontrouter lt nya,,,,
gmna nih ga???
hp gw c6

meonk said...

a bsa d instal fontrouter lt nya,,,,
gmna nih ga???
hp gw c6

Anonymous said...

gan, hp gw c6.. pas dah ganti 5 menit ntar restart sendiri..?
mohon pencerahan nya..

Anonymous said...

gan, hp gw c6.. pas dah ganti 5 menit ntar restart sendiri..?
mohon pencerahan nya..

Anonymous said...

SAYA ud instal...tapi kog sertifikat kadaluarsa???

diki said...

gmn cara hack.nya boz.....

Anonymous said...

untuk flashing aplikasi yg dipakek apa aja gan... ;))

Anonymous said...

klo pake Fontrouter, aplikasi whatsapp kenapa jadi error ya?

tyan said...

gan q dah hack tp tiap boot kq ada tlsan...kesalahan pd sistem ni gmana....

Arief said...

Gan sya pake nokia x6, trus dah di instal font routernya. Nah pas mau di bka aplikasi.a tpi gak ke buka, knpa.a?

Anonymous said...

gk sukses gan.. :'( :((

s60v5 Lover said...

gk sukses mungkin hapenya belum dihack gan.

Anonymous said...

kagakkkk bisssssssssa di donnnlotttttt

Youdhitya Saputra said...

expired certificate

Anonymous said...

di hp aku 5233 malah ga bisa di buka..

Anonymous said...

pilihan font d fontrouter ko gk ada . .pdhal dh we downlod font nya

HAYKAL said...

kalo yang "expired certificate" , itu belum di HACK HPnya. TUTORIAL hack : http://s60v5lover.blogspot.com/2010/11/remake-tutorial-cara-hack-nokia-5230.html .
aku tanya gan !!
cara buat menu 3X4 jadi 4X5 gimana mas bro?? TUTORnya mas Bro

Anonymous said...

ah, ,cra anda itu cukup membahayakan. .udah gw coba, ,dan hasil'y:
1.ejaan font g bener alias kacau! (contoh:pesan jadi cuma huruf pe doang yg ada, ,
2.bkin hp lem0t aje!
3.ini yg paling bikin gw kecewa, ,pas nyoba ganti font yg lain, ,trus gw restart, ,eh,layar hp gw malah jadi putih,blank,mati, ,idup. .mati . .idup. .udah kya lampu sen aje. .kaget,cmpur kawatir. .matot dah hp gw. .iseng2 gw cabut mmc trus gw idupin, ,sukur alhamdulilah. .g jadi matot . .bener2. .tuh lu punya cra, ,bikin gw ngeri

Anonymous said...

hp gw nokia 5530 ,udah hack. .pake perangkat lunak v.40.0.003 2011, ,

andigo said...

wadu gan we gnti fon kok ;lah gk kliatan smua tulisannya,,,,,,,,????
tolong dong font ap yg cocok wat nokia 5233,,,,,

Mirza Smile said...

gan,,,di nokia C6-00 HP suka restart sendiri.cara ngatas'innya gimana tu gan..???

maszbayy's world said...

duh kasian banget adminnye di serbu ama puluhan pertanyaan yg sama
:P
wat yg loM berhasil Begini gan..
Aplikasi Fontrouter adlh aplikasi unsigned
jadi kL mw diinstall di hp kita maka hp kita hruz dihack dulu..
Sperti kL pas pmasngan da notif "expired certificate" itU brati hp agan2 blm dihack
banyak koq metode hack yg simple sprti pake antivirus dr.web,ato pake hellox.,
dripada hack pake metode flashing tp pngetahuan minim mlah resiko nya gedE gan...
Oiya banyak yg ktnya stlh install trus ngjalanin font router hp ny mulai error.,
itU krna ente pake font.ttf yg ga support ma hp agan,saran saya cari font di situsnya master ihint aja di http://ihint.net
dan baca dgn teliti font type yg mana yg pling cocok dipake di hp agan2 skalian
1 lage aplikasi fontrouter ini kdang bsa bikin crash ktika kita buka aplikasi2 tertentU
Jd ya kL mw buka aplikasi trus ga mw crash ya tinggal diset disable dlu fontrouternya baru ente buka aplikasi yg td kL dibuka lgsung ngerestart
pasti lancAr
semOga Bisa membAntU

Anonymous said...

Mas bisa ada WLANnya juga kh ?

Anonymous said...

gak bisa ... :(

Anonymous said...

cara hack hp bnyk ko,yg paling simple bisa pake norton / mobile security,kalo di flashing justru resiko tinggi buat yg msih blm ngerti.

hp saya 5800 yg krg lebih fitur sama kaya 5233..bnyk ko font unicode yg udah support symbol n bahasa yg cocok,kalo masalah huruf terlalu besar bisa di atur lewat zoom ratio..

Saya cm sdikit share aja tentang pengalaman hack hp symbian :D

Kalo mau tanya" bisa lwat whatsapp 085775318229 or mampir di blog newbie saya http://sherlock.heck.in

ellen ^_^ said...

Mas, kok error gbs d dnld?

Rizal n'dut Nurizalludin said...

diatas pake font apa bang,,,??
boleh saya tau??

Anonymous said...

Ni teruji di hp apa gan? Soalnya hp ane 5233, tp prnah kgak bsa gan

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Silakan Komentar dibawah jika ada yang kurang jelas dan pastinya akan saya balas secepatnya. Thx sudah berkunjung ^^

kalo copas cantumkan sumbernya ya..... Protected by Copyscape Web Copyright Protection
Link Alternatif: s60v5lover.blogspot.com